My Short Stories

Tuesday, November 12, 2013

Kunjungan ke Japan Education Fair 2013

Hari minggu tanggal 27 Oktober kemarin saya berkesempatan lagi mengunjungi event yang ada hubungannya tentang Jepang. Kali ini event tahunan yang dia adakan pemerintah Jepang, yaitu Japan Education Fair di Tahun 2013 yg diadakan di JCC. Pameran pendidikan ini memberikan berbagai informasi mengenai beasiswa dari pemerintah Jepang (Mangkubusho/MEXT), penjelasan umum mengenai pendidikan di Jepang, konsultasi pendidikan dari berbagai Universitas di Jepang, pengalaman budaya dari para alumni yang pernah belajar di Jepang, dan pengenalan budaya di Jepang. Semuanya di peruntukan untuk para pengunjung yang berminat melanjutkan studi di Jepang dari berbagai jenjang baik sarjana, master, ataupun doktor. Saya memang sangat berminat untuk melanjutkan ke Jepang, baik study maupun kerja^^

Saya berangkat dari Garut hari sabtu malam, bersama teman saya yang bernama Hasby. Dia juga punya cita-cita untuk melanjutkan sekolah ke Jepang. Sampai di Ps. Rebo sekitar jam 7 pm. Langsung lanjut ke Kebon Jeruk menggunakan Busway (Hemat :p) untuk ke kosan sodara saya, namanya Henrik. Pastinya mau numpang tidur :p hahaa. Kita janjian di stadion GBK. Sekalian cuci mata dulu disana, kebetulan pas kemaren saat saya kesana, lagi ada bnyak banget event, jadi banyak juga sesuatu yg indahnya hahaha. Akhirnya, sekitar jam 9.30 pm sodara saya datang menjemput, tanpa lama2 kita langsung berangkat. Agak lelah juga, dan juga Manchester United akan bertanding jam 10 pm. Sampai di kosan, nonton Manchester United sampai jam 00.30 am, cari makan keluar, langsung tidur deh.


Esok harinya, jam 8 am kita berangkat ke senayan, dan mampir dulu ke GBK buat narsis2 dulu. Soalnya acara masih sekitar 2 jam an lagi. Sambil nunggu acara dimulai, kita foto2 dulu di GBK.
Hasby

Me and Henrik


Setelah muter-muter ga jelas di GBK, kita langsung putusin buat langsung ke JEF. Loksainya di parkir timur Senayan. Pas lagi otw ke parkir timur Senayan. Ehhhh, malah ketemu cewe gua??? Siapaa??? Itu lho member JKT 48 alias Nabillah *-* Haha. Ternyata JKT 48 lagi konser di parkir timur Senayan. Alhasil nonton dulu sebentar (cuma 1 lagu) dan langsung ke JCC.

Acara di awali dari mulai pukul 10.00 sampai 17.00 di Lower Lobby Balai Sidang Jakarta (JCC), pertama masuk saya di minta mengisi form registrasi dengan menuliskan nama dan kota asal, lalu pihak panitia memberikan kita Goodie Bag yang berisikan susunan acara dan buku panduan belajar ke Jepang dan juga selembar kuisioner yang nanti akan saya isi dan di kumpulkan ketika saya akan meninggalkan acara untuk mendapatkan sebuah Pin. Pin nya bertuliskan Study in Japan dengan gambar gunung Fuji,


Buku Panduan Belajar ke Jepang dan Susunan Acara


Pertama masuk saya melihat stand stand milik Universitas-universitas dan Sekolah-sekolah bahasa  di Jepang, disini saya bisa bertanya tanya mengenai informasi Universitas dan Sekolah Bahasa tersebut.








Ada juga penjelasan dari Japan Student Service Organization (JASSO), mengenai Examination for Japanese University Admission for International Students (EJU), lalu pengalaman studi para alumni Jepang di ruang orientasi dan terbagi atas beberapa sesi untuk semua pembahasan. Ada juga penjelasan dari Embassy of Japan in Indonesia tentang Beasiswa Monbukagakusho.

Setiap stand Universitas dan stand Sekolah Bahasa, biasanya ada satu orang Indonesia, beliau alumni dari Universitas itu, dan beliau juga membantu kita untuk menterjemahkan jika kita tidak fasih dalam bahasa Jepang atau Inggris. Kalau dari sekolah bahasa, rata-rata Sensei nya menggunakan bahasa Jepang, tidak bahasa Inggris. Yang selalu bikin saya bingung ketika Sensei nya sendirian (tidak ada penerjemah) dan Sensei nya berbicara bahasa Ingrris dengan kecepatan tinggi, itu yang selalu menghambat saya untuk berkonsultasi ke setiap stand haha maklum lah, saya kan belum fasih bahasa Inggris, apalagi Jepang :p  Tapi, untungnya orang Jepang ramah-ramah. Oiyaa, setiap stand menyediakan brosur-brosur Universitasnya. Brosur nya berisi tentang persyaratan, tes dan biaya masuk Universitas nya. Dan juga ada buku panduan cara daftar ke stiap Universitasnya. 

Hasby

Me :p 

Osaka University, Universitas inilah yang ingin saya tuju jika nanti saya dapat sekolah di Jepang dengan mengambil jurusan International Relations (amin) ^^

Lalu, ada juga Upacara minum teh.




Acara ini benar-benar sangat bermanfaat untuk kalian yang mau melanjutkan Studi in Japan. Negara yg sangat terkenal dengan Anime nya ini benar2 mempunyai kualitas pendidikan yg bisa diakui dunia. Setelah mengikuti acara ini, rasa semangat untuk terus belajar agar bisa sekolah di Jepang sangat tinggi. Tahun depan, saya akan melamar besiswa Monbusho. Semoga saya bisa lolos dan mendapatkan beasiswa Monbusho #amin. Meskipun harapannya kecil, setidaknya kita berusaha. Kalo kata orang bijak, "Berani bermimpi tinggi, berani menerima resiko tinggi". I'm ready!!!

Mungkin itu saja hasil kunjungan saya di JEF tahun 2013 ini. See you next year. Terima kasih kepada JASSO dan PERSADA yang sudah menggelar acar ini. Benar-benar menambah wawasan dan semangat :)

Hidup, Sukses. Setidaknya saya akan mengalami keduanya #amin 
Keep trying and keep praying. 

0 komentar:

Post a Comment

Please Coment ^_^

© Story Of My Life, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena