My Short Stories

Sunday, August 4, 2013

Tips Memilih Tempat Untuk PKL (Khusus Otomotif)

Oke sob, hampir satu bulan lebih nih gw gak nulis artikel di blog tercinta ini. Gara2 di sibukkin sama PKL nih hehe 

Oiyaa, ngomong2 tentang PKL. Gw mau share artikel tentang "Tips memilih tempat PKL" nih buat anak STM yg mau PKL. Semoga aja tips ini bisa bermanfaat buat yg baca. Ini sesuai pengalaman gw, biar kalian bisa survive di tempat PKL kalian. Tapi, ini khusus jurusan otomotif yaa. Oke di simaaakk!! Oiyaa, FYI, gw PKL di KIA Motors di kawasan Cibubur, Jaktim.




  • Usahakan di Bengkel Resmi
Kenapa di bengkel resmi?? Karena itu bakal lebih ngebantu lu buat belajar, soalnya kalo di bengkel resmi "biasanya" lu bakal di bimbing sama mekaniknya. Alat2 lebih kumplit, tempat lebih enak. Percaya deh, lu pasti bakal enjoy. Bengkel resmi yg gw maksud tuh, seperti : Toyota, Nissan, Mitsubishi dll. 
  •  Tanya ke teman
Jadi, tanyain dulu ke temen lu, ini yg harus kalian tanyain:
- Bengkelnya gimana suasananya?? Rame pelanggan ga??

- Mekaniknya gimana?? Mau ngajarin kita gak??
- Mekaniknya ramah gak??
- Pada disiplin gak ??
- Di bayar gak ?? hihihi
Suasana bengkel bisa bantu kita buat cepat ber adaptasi lho, misalnya kalo mekaniknya asyik2. Dijamin, kita bakal cepet adaptasi walaupun sendirian.
  • Pilih bengkel yang rame
Maksudnya?? Ntahlah, gw aja gak ngerti. Pokonya usahain deh nyari bengkel yang banyak penggunanya nya. Contohnya Toyota, bengkel ini banyak sekali penggunanya. Jadi, setiap hari bengkel pasti rame untuk service. Nah, semakin banyak pelanggan, otomatis pengetahuan semakin banyak. Semakin sering ngerjain suatu hal, hal itu bakal mudah untuk di kerjakan. Kalo kata guru gw "Spontan". Misalnya, ada mobil mau service 20.000 km. Jika kita sudah biasa mengerjakannya, kita pasti sudah tahu apa saja yg harus di kerjakan di service 20.000 km. Tanpa harus berfikir dulu.
  •  Usahakan jangan sendiri
Jika lu di luar kota, usahain deh jangan sendirian. Kenapa?? Soalnya itu bakal membuat lu gak bakal betah, lu bakal kesepian, gak ada temen ngobrol, lu bakal kangen rumah terus. Butuh adaptasi lama buat survive. "Kecuali" mekaniknya ramah dan mental lu kuat. Pasti lu bakal cepet survive sama keadaan lu. Percaya deh, jika sendirian tambah di luar kota. Sulit buat lu yg "Mentalnya bukan mental baja" buat cepet enjoy, butuh 1 minggu lebih buat survive. Tapi alhamdulillah, gw cuma butuh waktu 1 minggu buat survive, walaupun sendirian di luar kota (siapa yg nanya coba??) --"
  •   Rekomendasi bengkel
Oke, ini yg terakhir, gw cuma mau kasih rekomendasi bengkel2nya. Ini dia : Toyota, Nissan, Mitsubishi, Suzuki, KIA, Mazda, Honda. Kenapa ituu??? Coba deh lu liat kalo di jalan2, merek mobil ini banyak banget pengguna nya. Ngerti kan maksudnya??? Good :D

Oke, ini aja deh tips nya, nanti kalo ada yg baru gw update lagi. Mohon maaf bila tulisan ini tidak bermutu, banyak kekurangannya atau sebagainya. Gw cuma pengen ngebantu kalian yg mau PKL biar bisa survive sama tempat PKL nya, biar kalian gak pindah2 tempat PKL.

15 komentar:

  1. Kalau boleh tau di daerah mana ya tempat prakerin'y? kalau mau prakerin disana gimana cara'y? ngehubungin siapa? tq

    ReplyDelete
  2. Di daerah Jakarta Timur, deket Kota Wisata.. Datang aja langsung ke Bengkel nya, trus tanya ke Service Auditornya "Ada lowongan PKL gak ya?". Nanti langsung bawa surat lamaran PKL dari sekolah, kalo ada lowongan, nanti isi suratnya distu...

    ReplyDelete
  3. Gan untuk rekomendasi terbaik dari pabrikan apa aja ya urutan nya?

    ReplyDelete
  4. W Masuk KE Mitsubishi bengkel resmi kalo mau Masuk cepet make orang dalem

    ReplyDelete
  5. Sy lgi nyari just pkl blm dapet to long dong Bantu sy Ada di tambun bekasi

    ReplyDelete
  6. Sy lgi nyari just pkl blm dapet to long dong Bantu sy Ada di tambun bekasi

    ReplyDelete
  7. gan klo didaerah bandung ada ga ya?

    ReplyDelete
  8. Butuh pkl daerah jaktim penggelingan

    ReplyDelete
  9. Tempat pkl di solo apa di jogja ada gak?

    ReplyDelete
  10. Kalo pkl itu biasanya di gaji enga sii maksud gw bang kita pas pkl itu boleh berharap dapet gaji apa engga setidaknya transport dan uang makan lahh masa ga dpt sama sekali

    ReplyDelete
  11. Anak saya lagi cari tempat PKL tolong infoin donk dimana aja yg menerima dan bagus,susah cari tempat PKL disaat pandemik , terima kasih 🙏

    ReplyDelete

Please Coment ^_^

© Story Of My Life, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena