My Short Stories

Wednesday, May 21, 2014

Backpacking ke Bali


Finallly!! UN beresssss juga, saatnya ngebolang hahaha. Kali ini gw akan menceritakan ngebolang gw ke Pulau Dewata. Pulau dimana terdapat begitu banyak pantai dan juga begitu banyak bule bertebaran dimana2. Bolang kali ini, gw berdua sama Hasbi. Dia temen satu kelas gw. Perjalanannya dari tgl 22 April sampai 1 Mei. Seperti biasa, selalu dengan budget semurah-murahnya ala Backpacker.

Berawal dari omongan iseng satu minggu sebelum UN buat liburan ke Bali sama si Hasbi. Akhirnya jadi kenyataan juga. Kebetulan di Bali ada kakanya si Hasbi. Jadi?? Tidurr gratisann dehh hahahaha. Tahun baru 2014 kemaren gw emang punya niat buat ke Bali. Tapi karena banyak acara kesana-kesini, akhirnya batal deh. Niatnya kita mau berangkat ke Bali tanggal 19 April, tepat 3 hari setelah UN. Tapi karena si Hasbi belom punya KTP, ditunda jadi tanggal 22 April deh. Katanya kalo mau masuk ke Pulau Bali, ada pemeriksaaan KTP di deket Pelabuhan Gilimanuk, dan kalo ga punya, harus kembali lagi. Tapi katanya ada calo juga sih yg buat kaum2 yg gapunya KTP dan KTP yg sudah hangus. Kalo kalian belum 17th, bisa ko pake Kartu Pelajar. 

Banyak yang bilang kalo liburan ke Bali tuh harus bawa uang jutaan, haduuuhhh kemana aja lu bro?? Kalo kita tau caranya, pasti murah ko. Ongkos PP aja kurang lebih cuma Rp. 350.000. Murah kan? Gw aja kemaren abis budget sekitar 1 Jutaan. Gapapa cape di perjalanan juga, namanya juga Backpacker. "Lakukan berbagai cara untuk membuat budget sehamat mungkin" :) Solusinya, jalur darat. Percaya deh, via jalur darat ini banyak bangeeettttt pengalaman baru yg bakal didapat.
  • Day 1

Singkat cerita, hari selasa tanggal 22 April kita berangkat. Kita start dari Garut, jam 02.00 pm kita berangkat menuju stasiun Kiara Condong Bandung. Niatnya mau pake Bis via Tasik, tapi pas cek di Tiket.com, ternyata tiket kereta ekonomi jurusan Kiara Condong - Lempuyangan masih kosong. Alhasil kita bergegas ke Alfamart daerah Garut buat booking tiket KA ekonomi jurusan Kiara Condong-Lempuyangan denagn harga Rp. 50.000, kitapun mendapatkan Struk tiket yg harus ditukarkan paling lambat 1 jam sebelum keberangkatan. Kita pun berangkat menuju Kiara Condong dengan menggunakan bis Garut-Cicaheum dengan harga Rp. 20.000. Jam 04.30 pm kita sampai di Cicaheum, seperti biasa, Cibiru selalu macet. Lalu dilanjut dengan naik angkot jurusan Cicaheum-Binong dengan tarif Rp. 5.0000. Kita pun sampai di Kiara Condong jam 05.00 pm. Setelah di Kiara Condong, gw nukerin tiket dulu ke Customer Service, biar lega. Setelah nukerin tiket, kita jalan2 di sekitar Stasiun. Setelah jalan2, perut keroncongan. Kita pun nyari makan dulu, kebetulan ada Warteg di sekitar stasiun. Kebeneran pasti murah haha Makan disini kalo ga salah cuma Rp. 8.000. Abis makan kita kembali ke stasiun.

Tiket Kiara Condong-Lempuyangan
Me at Kiara Condong

Di stasiun kita ketemu sama orang Kediri, dia berdua. Namanya Yoni sama Kipli. Katanya mereka abis main dari Bandung. Dan katanya mereka juga kecopetn di angkot pas perjalanan ke Stasiun. Tapi untungnya mereka udah pegang tiket KA nya. Kita ngobrol2 sambil nungguin jam 20.30, dimana kereta kita berangkat. Kita satu kereta sama mereka, cuma mereka di gerbong 3, gw di gerbong 2. Si Kipli ini orangnya kocak, becanda mulu kerjaanya. Jadi suasana pun ga sepi.

Ga terasa udah jam 20.00, kita pun dipersilakan untuk memasuki kereta Kahuripan dengan jurusan Kiara Condong-Kediri. Perjanan memakan waktu kurang lebih 9 jam untuk sampai di Lempuyangan, Yogyakarta. Jam 20.30, sang Masinis pun menginjakkan kakinya ke pedal gasnya. Secara perlahan, kereta dengan 10 gerbong ini pun mulai bergerak maju. Sesekali kereta berhenti di stasiun untuk menaikan penumpang. Ternyata, kereta Kahuripan ini berhenti di Stasiun Cibatu Garut. Yaaahhh, tau gini mah mending naik di Cibatu aja, kan hemat ongkos juga! --"

  • Day 2
Rabu, jam 05.00 am kita sampai di Lempuyangan, Yogyakarta. Setelah keluar kereta, gw menuju loket 2 untuk membeli tiket KA jurusan Banyuwangi. Gw pun mendaptkan tiket ekonomi dengan kereta Sri Tanjung. Jadwal berangkatnya jam 07.45 dan tiba di Banyuwangi jam 20.40. 13 jam brooohh??? Gapapa dah, namanya juga Backpacker, nikmati aja.
Hasbi at Lempuyangan
Tiket Lempuyangan-Banyuwangi
Tidur di Lempuyangan

Karena jam berngkat masih lama, kita pun mencari tempat untuk mengisi perut. Kita pun keluar area stasiun dan belok ke kiri. Akhirnya gw nemu angkringan. Gw pun pesen pecel lele dengan harga Rp. 8.000 dan teh hangat dengan harga Rp. 2000 saja. Selesai makan, gw kembali ke Stasiun, dan diem di ruang tunggu. Sebenernya kereta udah ada di jalur 2. Tapi gw belum mau masuk, pengen ngehirup udara segar Jogjakarta dulu. Orang Jogja ini emang rama2 banget. Thanks Jogja :) Jam 7.30 gw pun mulai memasuki kereta di Gerbong 4. Di kereta kita ngobrol sama Mba Lia, Mba Lia ini naik di Stasiun Mojokerto. Mau ke Bali juga, ambil cuti kerja. Mau liburan juga katanya. Tapi di jemput di Gilimanuk sama kakanya. Sesekali gw minta ajarin bahasa Jawa sama Mba Lia hehe. Cukup panjang lebar juga kita ngobrol.

Akhirnya jam 20.40 gw sampai di Banyuwangi. Untung ada Mba Lia, jadi gw ga harus tanya kesana kemari. Katanya Mba Lia pernah kuliah di Bali. Jadi udah hafal betul. Jadi kita saling menguntungkan, Mba Lia ada yg nemenin, gw ada yg nunjukin jalan hehe. Kita pun menuju ke pelabuhan Ketapang. Ga jauh ko dari stasiun, cuma jalan lurus, nanti belok ke kanan. Ga sanpe 10 menit kalo jalan kaki. Banyak yg nawarin becak, tapi deket ko, jalan kaki aja.

Sampai di pelabuhan, kita pun pisah sama Mba Lia. Mba Lia langsung masuk ke Pelabuhan sementara gw nunggu di luar Pelabuhan buat nunggu bis jurusan Denpasar. Satu jam nunggu, bis pun tak kunjung datang. Akhirnya kita putusin buat nyeberang pake Ferry ke Gilimanuk. Banya calo nih disini, maksa gw buat naik mobilnya. Gw saranin jangan deh, pasti mahal banget harganya! Penyebrangan Ketapang-Gilimanuk cuma Rp. 6.500 dengan durasi 45 menit. Karena takut ga ada bis lagi di Gilimanuk, si Hasbi pun sms kakanya. Eh malah ditawarin buat di jemput sama kakanya. Yaaahhh mending di jemput, kan gratis lagi haha Backpacker broo!!! Haha. Akhirnya kita pun di jemput. Tapi harus nunggu dulu kurang lebih 4 jam, karena Denpasar-Gilimanuk lumayan jauh. 
Pos pemeriksaan KTP
Jam 23.00 WITA kita menginjakkan kaki di Pulau Dewata! Baaaaaaaaaallllllllliiiiiiiiiiiiiii broooooooooo!!!!!!!! Hahaha. Jam pun gw ubah kedalam WITA, dimana WITA lebih cepat satu jam di banding WIB. Lalu kita pun keluar pelabuhan, dan disini ada pemeriksaan KTP. Setelah ngelewatin pemeriksaan KTP, kita berjalan menuju terminal Gilimanuk. Ternyata emang udah gaada bis. Karena harus nunggu 3 ajam lagi, kita pun tidur sejenak di Terminal. Jam 03.00 WITA, kaka Hasbi pun datang, namanya Kang Dian. Langsung deh kita masuk mobil dan tidur lagi. Waktu itu keadaan udah sadar ga sadar, yg gw inget cuma gw jalan kaki dari terminal dan masuk mobil, bener2 ngantuk.

  • Day 4
Kamis, jam 06.00 terasa begitu cepat, gw terbangun dan ternyata udah masuk kawasan Denpasar. Parahnya disini, kita malah di ajak kang Dian ke Renon. Disini semacam Gasibu lagi kalo di Bandung, tapi dsini ada patung gede gitu. Ntahlah, gw lupa. Soalnya kondisi lagi cape banget hehe. Keliling-keliling sebentar di Renon, banyak yg lagi lari pagi juga disini. Abis keliling2, kita pun langsung menuju rumahnya Kang Dian. Sampai di rumahnya kang Dian. Tidurrrr lagiiiiii!!!!!!!!!!! Oiyaa, kita bakal nginep di rumah kang Dian selama berada di Bali^^ Ternyata ini kostan, tempatnya berada di Jl. Letda Kajeng, Denpasar. Hatur nuhun a hehe

Welcome to Denpasar
Jadi perjalan gw Bali dari Garut memakan waktu 3 hari. Berangkat hari selasa jam 14.00 WIB dan sampai ke Denpasar jam 06.00 WITA!! Dengan rincian Budget:

Garut-Cicaheum: Rp. 20.000
Cicaheum-Kiara Condong: Rp. 5.000
Kiara Condong-Lempuyangan: Rp. 50.000
Lempuyangan-Banyuwangi: Rp. 50.000
Gilimanuk-Ketapang: Rp. 6.500
Ketapang-Denpasar: Rp. Gratttiisssaannn

Total; Rp. 131.500 

Treeeeeeeeeeeennnnnnnnnggggggggg!!! Alarm berbunyi. Tepat jam 12 siang gw terbangun. Tiba2 kakanya si Hasbi alias kang Dian ngajakin ke Pantai Sanur. Tadinya lemes karena bangun tidur, pas denger kata Pantai Sanur, ngedadak semanget haha. Untuk memanfaatkan waktu, g\gw dan Hasbi langsung bergegas mandi(tentunya mandinya gantian ya) --". Pas mandi, perasaan udah ga tentu, pengen cepet2 maen di Bali.

Beres mandi, sekitar jam 12.30 kita berangkat. Tapi kita belok dulu ke warteg buat makan. Coz perut belom diisi dari semalem. Abis makan, jam 13.00 kita langsung berangkat ke Pantai Sanur. Akhirnya, jam 13.20 kita sampai di pantai. Biaya masuknya gratiiisssss. Cuma pbayar biaya parkir. Karena hari itu kita pake mobil, bayarnya Rp. 3000. Kayanya kalo sepeda motor Rp. 2000 deh.

Ternyata pantai Sanur ini indah beneerrrrr. Tempatnya bersih banget, air lautnya pun bening banget, pantainya terawat banget. Kita disini muter2 disekitar pantai, foto2 di sekitar pantai. Kita juga ga terlalu lama disini, soalnya cuacanya panas banget, lebih panas dari Jakarta kayanya. Pantainya juga cukup sepi, entah karena low season kali, pengunjungnya didominasi sama bule. Banyak bule yang bergerombolan.



At Sanur



Kita ga terlalu lama di Sanur. Jam 15.00 kita langsung meninggalkan Sanur, dan kita menuju Pantai Kuta. Sanur ke Kuta cukup jauh, 50 menitan. Ternyata Kuta ini bukan di Denpasar, tapi di Badung. Setelah perjalanan yg lumayan lama, akhirnya kita sampai juga di Pantai matahari terbenam. Beuuuhhhh kalo di Kuta ini, serasa berada di luar negeri, bulenya dimana2. Mungkin kalo dalam persentase 80% Bule dan 20% nya tourist lokal. Apalagi di Legian Street, Legian Street ini terletak sebelum menuju Kuta. Kalo kita mau ke Kuta pasti ngelewatin Jalan Legian ini. Disini hampir 100% bule, warga Indonesia mungkin hanya pegawai toko2. Oiyaa, disini juga banyak banget toko2 souvenir, tentunya dengan harga internasional haha.

Di Kuta juga terdapat banyak pertokoan, restoran dan tempat permandian serta menjemur diri.Pantai Kuta juga menawarkan berbagai macam jenis hiburan lain misalnya bar dan restoran di sepanjang pantai menuju pantai Legian. Pantai Legian berada tepat di sebelah pantai Kuta. Hari pertama ke Kuta, kita juga tidak terlalu lama, cuma muter2 dan foto2 sebentar. Hari pertama bareng Kang Dian ini, gw anggap sebagai survey tempat hehe. Oiyaa, perjalanan dari Sanur ke Kuta, kita mencoba jalan tol baru yang ada di Bali, namanya Tol Benoa. Bayarnya Rp. 10.000 untuk mobil, tol ini juga bisa digunakan untuk sepeda motor, tersedia di bahu jalan sebelah kiri khusus untuk motor. Katanya tol ini adalah termasuk tol terindah di Asia, karena tol nya berada tepat di atas laut. Untuk menuju Bandara Ngurah Rai dan pantai Kuta, lewat jalan ini akan lebih cepat. 

Di depan Kuta

Kuta brrooo Kuta :p

Hasbi & Me
Tol Benoa taken from Google
Kiri untuk motor, kanan untuk mobil
Hasbi at Kuta

It's me :p



















Jam 16.00 kita bergegas menuju kostannya kang Dian. Pas sampai di kosan, kita ditawari buat disewain motor. Yaaaa kita mau2 aja, emang niatnya mau nyewa motor selama di Bali. Karena di Bali susah banget transportasi. Pokoknya buat yg mau ngebolang ke Bali, sewa motor SANGAT DIWAJIBKAN. Jarak waktu beberapa menit, motor Vario tahun 2014 bulan Januari pun datang, ternyata gw disewain motor sama kang Dian. Artinya??? Graatiiisss lagi broo haha. Kang Dian ini emang baik banget dah haha. Kalo yg mau sewa motor, banyak banget di sekitar pantai Kuta, nanti juga ada motor yg terparkir di parkiran pantai Kuta, nah ntar di depan motornya ada tulisan "For Rent". Harganya mulai dari Rp. 50.000 sampai Rp. 150.000. Tergantung motor sama tergantung cara kita menawar. Oiyaa, masuk ke Kuta ini Gratis, cuma bayar parkir doang. Motor sama mobil sama aja harganya, Rp. 2.000.

Karena hari itu motor udah dateng, gw sama Hasbi mutusin buat balik lagi ke Kuta buat liat Sunset. Padahal jam udah jam 17.45. Engga pikir panjang, kita langsung berangkat mengendarai motor dengan kecepatan yang cukup signifikan. Hasilnya?? Ada beberapa awan yg menutupi sebagian kawasan barat --" Jadi sunset nya kurang maksimal, tapi gpapa, ini baru hari pertama, masih ada besok hari^^ Setelah gagal sunset. Kita keliling2 di sekitar Kuta. Makin malem, Kuta makin rame!!

Failed Sunset at Kuta

Di depan Hard Rock Cafe


  • Day 5 
Hari ke 2 di Bali, kita putusin buat balik lagi ke Kuta. Soalnya masih belom puas di Kuta nya haha. Hari ke 2 ini, bangun agak telat, jam 10.00 kita baru bangun. Abis itu, kita bergegas mandi. Jam 10.30 kita mulai berangkat menggunakan motor. Tujuan pertama hari ke 2 ke Kuta. Sampe di Kuta jam 11.00, Gila!!! Panas banget brooo. Bayangin aja tengah hari di pantai. Kalo bule malah banyak yg berjemur, ampe merah banget kulit mereka kena panas matahari.

Menikmati keindahan pantai adalah kebahagiaan tersendiri, ombaknya menggoda2 memanggil telinga ini untuk turun dan berpacu diatasnya. Tapi sayngnya gw ga bisa, gw ga bisa Surfing :( Ada Instruktur? Iya ada, cuma harganya itu lho, ngena banget, Rp. 150.000 broo. Mending gw pake belanja lahh :p

Puas di Kuta, kita berjalan sedikit ke arah Utara (kalo ga salah). Yaaaa, kita menuju Pantai Legian. Disini gw bertanya2. Apa bedanya coba Kuta sama Legian??? :o Deket bangett. Tapi kayanya liat matahari terbenam deh yg ngebedain nya. Soalnya kalo di Kuta, kita tepat berada di depan matahari terbenam. Kalo di Legian agak sedikit miring.






Setelah puas di Kuta dan Legian. Kita menuju ke Pantai Seminyak, pantainya ga terlalu jauh dari Legian. 10 menit juga sampe ko. Tapi pas sampe ke Seminyak, ngedadak berubah pikiran. Karena agak sepi juga, akhirnya kita putusin buat ke GWK, Nusa Dua sama Tanjung Benoa. Ternyata perjalanannya juga cukup juga, sekitar 1 jam.

Jam 13.00 kita sampai di GWK. Kita istirahat dulu di luar deketGWK, numpang berteduh dari panasnya terik matahari. Akhirnya kita putusin ke area GWK, biaya masuk untuk motornya Rp. 5000. Kirain gaada tiket lagi, eh pas ditanyain ke orang disitu, ternyata masuk ke GWK harganya Rp. 50.000 per orang. Wow! Katanya di GWK tuh ada kaya teater gitu, karena gw ga terlalu suka, akhirnya kita putusin buat ke Nusa Dua.

Nusa Dua cukup dekat dengan GWK, mungkin cuma 20 menit. Sekitar jam 14.00, kita sampe di kawasan Nusa Dua, bingung mau kemana karena ga ada GPS, akhirnya kita melaju ke arah Tanjung Benoa. Hari ini kayanya agak konyol, sampe di GWK, malah numpang istirahat doang, sampe di Nusa Dua malah muter2 ga jelas, eh sampe di Tanjung Benoa malah cuma liat pesisir pantai doang, abis itu balik lagi deh --" di Tanjung Benoa kurang rame, ga terlalu bnyak turis, banyaknya nelayan. Akhirnya kita putusin buat ke Tanah Lot sekalian liat Sunset di Tanah Lot.



Sekitar jam 15.00 kita berangkat menuju Tanah Lot, perjalanannya cukup panjang, sekitar 2 jam perjalanan. Tanah Lot ini terletak di Tabanan, Di sini ada dua pura yang terletak di atas batu besar. Menurut legenda, pura ini dibangun oleh seorang brahmana yang mengembara dari Jawa. Ia adalah Danghyang Nirartha yang berhasil menguatkan kepercayaan penduduk Bali akan ajaran Hindu dan membangun Sad Kahyangan tersebut pada abad ke-16. Pada saat itu penguasa Tanah Lot, Bendesa Beraben, iri terhadap beliau karena para pengikutnya mulai meninggalkannya dan mengikuti Danghyang Nirartha. Bendesa Beraben menyuruh Danghyang Nirartha untuk meninggalkan Tanah Lot. Ia menyanggupi dan sebelum meninggalkan Tanah Lot beliau dengan kekuatannya memindahkan Bongkahan Batu ke tengah pantai (bukan ke tengah laut) dan membangun pura di sana. Ia juga mengubah selendangnya menjadi ular penjaga pura. Ular ini masih ada sampai sekarang dan secara ilmiah ular ini termasuk jenis ular laut yang mempunyai ciri-ciri berekor pipih seperti ikan, warna hitam berbelang kuning dan mempunyai racun 3 kali lebih kuat dari ular cobra. Akhir dari legenda menyebutkan bahwa Bendesa Beraben 'akhirnya' menjadi pengikut Danghyang Nirartha.

Perjalanan menuju Tanah Lot cukup membingungkan, banyak banget pertigaan. Beberapa kali gw salah jalan, nanya kesana kemari. Gini nih kalo Hp rusak, gaada GPS!!! Lewatin persawahan, trus masuk lagi pemukiman. Pokoknya cukup rumit deh.


Pas sampe ke Tanah Lot, kita malah salah masuk gerbang, di omelin deh sama petugas haha. Biaya masuk ke Tanah Lot Rp. 10.000 per orang, dan untuk parkir motor dipatok dengan harga Rp. 2.000. Jam 17.00 kita sampe di Tanah Lot, banyak rombongan sekolah waktu gw datang kesini, ada yang dari Depok, Jogja dan kota2 di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Tourist lokal mendominasi tempat ini. Pemandangannya bener indah, kita bisa melihat luasnya laut dari atas tebing. Ombaknya cukup besar, tapi gaada yang Surfing di daerah ini. Disini juga ada toko souvenir, letaknya deket sama tempat parkir.

Detik2 menjelang Matahari Terbenam, lagi2 awan mulai berbaris di sekitar tempat matahari terbenam. Aduuuhhh, nii awan ngajak ribut banget dah!!! Untungnya awannya ga terlalu banyak, jadi Sunsetnya pun ga terlalu buruk. Sia2 dong jauh2 ke Tanah Lot kalo sunsetnya gagal!!

Tanah Lot's Sunset









Setelah selesai Sunset, kita bergegas menuju ke kostan kang Dian. Jam 19.00 kita berangkat. Dalam perjalanan pulang gaada cerita nyasar, jalannya lebih praktis, ga terlalu banyak pertigaan.

Klik disini untuk cerita selanjutnya.


3 komentar:

  1. wah..asyik bgt nih tampaknya jalan2 ke bali..jadi ngiler pengen jln2 lagi..uda lumayan lama idle ga jlan2..mudah2an ada budget buat thn ini...
    btw, ada yg masih pake kartu nama dr kertas? ayo ganti dgn kartu nama online, taruh/embed kartu nama di blog/website dgn mudah, buat dan bertukar kartu nama di berkenalan.com: https://berkenalan.com

    ReplyDelete
  2. = AGEN TIKET & TOUR DOMESTIK MURAH SIDOARJO KOTA =

    Bingung cari tiket pesawat / kereta api murah ?????
    Kini Beli tiket tidak perlu rumit dan mahal lagi, hanya di Halo Indonesia Tour & Travel.

    KAMI MELAYANI :

    - RESERVASI TIKET PESAWAT
    - RESERVASI TIKET KERETA API
    - VOUCHER HOTEL
    - TOUR DOMESTIK ( Karimunjawa, Jogja, Bali, Lombok, Malang, Rafting, Banyuwangi, Bromo, Dll )
    - PRIVATE TOUR
    - RENTAL ELF, BUS & MOBIL
    - Antar Jemput Tamu & Bandara

    BONUS DARI KAMI :
    - Discount pembelian lebih dari 3 tiket
    - Banyak tiket promo

    = Kami menerima kerjasama perusahaan / instansi sebagai penyedia Tour / Pembelian Tiket Dinas =

    INFORMASI & RESERVASI
    Halo Indonesia Tour & Travel
    P. Sidokare Asri QQ.2 Sidoarjo - JAWA TIMUR
    081235618281 / 085730077308
    54E0B52 / 7ECC7D00
    www.halo-indonesia.com
    Anda bisa menghubungi kami melalui SMS, BBM, Ym Chat, Tlp, email semua 24 jam

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Please Coment ^_^

© Story Of My Life, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena