My Short Stories

Friday, May 23, 2014

Backpacking ke Bali: 2

• Day 6

Hari ke 3 di Bali, kita putusin buat pergi ke Ubud. Ubud terkenal  wisatawan mancanegara karena lokasi ini terletak di antara sawah dan hutan yang terletak di antara jurang-jurang gunung yang membuat alam sangat indah. Selain itu Ubud dikenal karena seni dan budaya yang berkembang sangat pesat dan maju. Seperti biasa, kita berangkat dari Denpasar jam 10.00. Perjalanan memakan waktu kurang lebih satu jam setengah. Seperti biasa juga, makan dulu di Warteg biasa, dan jam 10.30 kita berangkat menuju Ubud. Ubud ini terletak di Kabupaten Gianyar. Di sini juga banyak terdapat galeri-galeri seni, serta arena pertunjukan musik dan tari yang digelar setiap malam secara bergantian di segala penjuru desa. Pasar seni Sukawati tempat untuk berbelanja oleh2 pun terletak di Ubud.

Jam 12.15 kita sampai di Gianyar, bingung mau kemana. Akhirnya kita malah muter2 ga jelas, pada akgirnya kita nemu objek wisata Monkey Forest, tapi kita ga masuk. Kenapa? Gatau deh, insting gw mengatakan sebaiknya gw jangan masuk hehe. Akhirnya kitapun ga masuk ke Monkey Forest. Kita pun melanjutkan perjalanan, dan menuju Goa Gajah. Setelah sampai di Goa Gajah, kita istirahat dulu di tempat parkir Goa Gajah. Kalo ga salah biaya masuknya Rp. 10.000.

Setelah istirahat, kita berjalan menuju loket untuk beli tiket. Di samping loket ini, banyak toko2 yg menjual soevenir. Akhirnya kita malah masuk ke salah satu tokonya. Pas tanyain harga, ternyata harganya cukup murah, akhirnya kita malah belanja disini. Harganya cukup murah, mulai dari harga Rp. 20.000. Pokonya harus jago nawar deh. Inget prinsip ekonomi, tawar 50% dari harga yang di tawarkan. Kecuali kalo harganya udah di bandrol, jangan coba2 nawar ya? --"

Selesai belanja, malah gajadi masuk. Kita malah mutusin buat pulang hehe. Akhirnya jam 2.00, kita pulang lagi ke kostan. Hari itu cape bener2 terasa, dan hari itu gw emang sedikit gaenak badan, jadi kita gw gamau maksain, takutnya malah parah.

• Day 7
Hari ke 4 di Bali, hari ini siangnya kita gak main. Yaaa, karena gw kurang enak badan juga sih, niatnya mau ke Danau Beratan. Tapi, karena takut gw lebih parah, jadi istirahat aja dulu dikostan.
Jam 16.00, karena bosan diem di kostan, akhirnya kita mutusin buat ke Kuta, seperti biasa, liat matahari terbenam. Sore itu gw emang udah agak mendingan, meskipun sedikit sakit. Dipaksain aja, sayng kan udah ada di Bali hehe. Jam 16.00 pun kita berangkat menuju pantai Kuta. Sunset hari ini seperti biasa, kurang maksimal. Masih ada sedikit awan yg menghadang. Tapi untuk mengobati rasa sakit ini, cukup laaahhh.. Hahaha

The Sunset

• Day 8
Hari ke 5 di Bali, sekaligus hari terakhir di Pulau Dewata ini. Hari ini kan Dian mau nemenin kita main lagi. Dan hari ini kang Dian ngajak kita ke Pantai Pandawa dan Pantai Uluwatu. Jam 11.00 kita berangkat menuju TKP.
Pantai Pandawa adalah salah satu kawasan wisata di area Kuta selatan, Kabupaten Badung, Bali. Pantai ini terletak di balik perbukitan dan sering disebut sebagai Pantai Rahasia (Secret Beach). Di sekitar pantai ini terdapat dua tebing yang sangat besar dan dihiasi dengan patung Pandawa lima di bagian dinding tebing karst. Patung Pandawa dari cerita Mahabarata tersebut mencakup Yudhistira / Dharmawangsa, Bima, Arjuna, Nakula, dan Sahadewa.
Sedaangkan Pantai Uluwatu  terletak agak tersembunyi di daerah Uluwatu Bali. Daerah Uluwatu di Bali disamping Pura Uluwatu yang terkenal ada juga Pantai Uluwatu yang terkenal dengan ombaknya. Menjadikan Pantai Uluwatu Surga Bagi Para SurferBanyak yang tidak menjadikan Pantai Uluwatu Bali ini menjadi tujuan wisata domestik. Apalagi jalan masuk ke pantai ini harus turun bukit dulu baru bisa ke perkampungan pantai Uluwatu.

Kita mutusin buat ke Pantai Pandawa dulu, perjalanan menuju Pantai Pandawa ini kurang lebih satu jam. Sekitar jam 12.30 kita sampai di Pantai Pandawa, biaya masuknya kalo ga salah Rp. 5.000 untuk mobil, gatau deh kalo motor. Soalnya hari itu kita pakai mobilnya kang Dian.

Sampai di Pandawa, mata mulai di manjakan dengan keindahan pantainya. Kita ngeliat pantai dari atas tebing. Betapaa luasnya pantainya. Disini juga airnya bersih banget. Sampe2 dasar laut pun terlihat karena beningnya air lautnya.

Setelah puas di Pandawa, akhirnya jam 14.00 kita mutusin buat ke Uluwatu. Tapi pas di perjalanan, tiba2 kan Dian ngebatalin ke Uluwatu, entah kenapa, kayanya mau ngedate deh sama pacarnya hehe. Alhasil, kita pun kembali ke kostan nya kan Dian. Dan kang Dian pun pergi sama pacarnya. Jam 15.30, kita istirahat dulu di kostan, dan jam 16.00 kita putusin untuk pergi ke Kuta lagi, ini yang terakhir ke Kuta :')

Dan ternyata, hari ini Sunset bener2 bersahabat, selama berhari2 selalu gagal. Akhirnya hari terakhir di Bali, Kuta memberikan Sunset yang sebenernya yg begitu menawan. Langit bener2 berubah menjadi Orange ke Biruan. Ini bener2 sunset terbaik yang pernah gua liat.

Setelah puas dimanjakan dengan indahnya Sunset hari itu, jam 20.00, kita pun kembali ke Denpasar, tempat dimana kostan kan g Dian berada. Rasanya sedih juga harus ninggalin pulau yang indah ini. Maunya sih agak lama lagi, tapi liat doku, tragis banget.

Jam 20.30, kita sampai di kostan kang Dian. Packing2 barang, lalu mandi. Abis itu kita nyari makan. Tadinya mau langsung berangkat, tapi takut ga sempet makan di jalan, akhirnya kita pun makan dulu. Kita makan sama kang Dian, biasa gratiss lagi hehehe.

Setelah selesai makan, jam 22.00 WITA kita berangkat menuju terminan Ubung, kita dianterin sama kang Dian sampe ke terminal Ubung. Sampe di Ubung, preman berkeliaraan dimana2. Waktu itu, ada 2 bis yg lagi ngetem, satu mini bus, dan satunya lagi Big Bus haha. Yang Big Bus ini jurusan Jember, yg mini bus jurusan Gilimanuk. Yg Mini bus harganya Rp. 35.000, sedangkan yg Big harganya Rp. 50.000, gua tau, sebenernya gw ditipu sama bis yg ke Jember, harusnya Rp. 30.000-  35.000. Pas gw tanya juga "Mas, Gilimanuk berapa?." "Lima puluh ribu." Jawabnya dengan nada pelan dan sedikit buang muka. Waahhhh, kalo masalah tipu-menipu, gw udah pengalaman banget ketipu orang. Soalnya yang lain juga Rp.35.000, gw denger tuh pas di dalem di tagih duitnya. Paraahhhhh!!! Tapi karena takut gaada bis lagi, dan cari aman juga. Akhirnya, mau tidak mau kita naik bis itu.

Bis nya cepet banget, agak ngeri juga di jalan. Si Hasbi malah enak tidur, sedangkan gw berdoa demi keselamatan nasib gw --" Bisnya ugal2an broooo. Bayangin aja, jam 23.00 WITA berangkat, jam 01.00 WITA udah sampai di Ketapang. Gilaa kan tuhh???

• Day 9
Setelah sampai di Ketapang jam 01.00, bis pun mulai memasuki Pelabuhan dan mengantri masuk ke Kapal Ferry. Sekitar setengah jam nunggu, akhirnya bis masuk ke Ferry. Penyeberangan kali ini cukup lama, sekitar 2 jam, soalnya waktu itu pelabuhan lagi penuh sama truck pengangkut barang. Alhasil jam 02.00 WIB kita baru sampai di Gilimanuk. Kita pun keluar bis menuju ke Stasiun Banyuwangi. Kita jalan kaki ke Banyuwangi, sekitar 10 menit. Setelah sampai di stasiun, kita pun istirahat dan memejamkan mata sejenak untuk mempersiapkan perjalan panjang esok hari. Kita tidur di depan Stasiun Banyuwangi.

Selamat tingal Bali :')

Jam 05.00 WIB, di Banyuwangi udah terang banget, kita pun terbangun dan kedinginan karena tidur di lantai. Sambil nunggu stasiun yang buka jam 05.30, kita nyari makan dulu. Kebetulan di depan stasiun ada yang jualan nasi. Harganya murah lai, cuma Rp. 5.000 + Air minum.

Stasiun  Banyuwangi Baru

Jam 05.30, stasiun pun buka, kita pun membeli tiket kereta api Sri Tanjung dengan rute Banyuwangi-Lempuyangan dengan hara Rp. 50.000. Jam 06.30, kereta pun mulai berangkat menuju Lempuyangan, Yogyakarta. Perjalan memakan waktu 13 Jam.

Singkat cerita, jam 19.30 kita sampai di Jogjakarta. Malam itu kita janjian sama temen sekolah gw yan lagi liburan ke Jogja. Namanya Landi, dia liburan sama kaka-kakanya. Kita ketemuan di Malioboro. Kita pun berjalan kaki menuju Malioboro dari stasiun, ternyata cukup jauh juga broo. Udah jalannya jauh, tas gw berat banget lagi.

Sempet bingung juga pas di Malioboro, soalnya si Landi susah banget di hubungin. Sambil nunggu si Landi ngasih kabar, kita pun muter2 dulu di Malioboro. Suasana malam yan begitu indah dan warganya yang begitu ramah membuat gw nyaman diem di Malioboro.

Setelah nunggu beberapa jam, akhirnya Landi ngehubungin gw. Lalu kita pun mutusin buat ketemu di Malioboro. Akhirnya, kita bisa ketemu sama Landi. Malam itu kita malah bingung mau kemana, niatnya mau nyari tempat Billiard, tapi gatau dimana. Tapi, mana ada sih jam 12.00 malem yang buka. Karena bingung mau kemana, akhirnya kita cuma ngobrol2 di Malioboro. Tadinya kalo mobil Landi kosong, gw mau ikut. Tapi ternyata mobilnya penuh.
Me with Landi

Mamang Landi

Jam 01.00. Setelah puas ngobrol kesana-kemari, Landi pun ngajak gw ke penginapannya. Tai karena gw gaenak sama kakanya, akhirnya w mutusin buat tidur di stasiun lagi. Jam 01.00 pun kita pisah, gw dianterin ke stasiun. Sampe di stasiun, karena udah capek banget, kita pun langsung nyari tempat buat tidur hehe. Tidur di Lempuyangan, agak enak. Soalnya tidurnya di kursi hehe

Saat itu, gw mengira kita bakal berangkat jam 7an. Tapi pas liat papan pengumuman, ternyata kereta api jurusan Bandung, berangkatnya jam 13.30 dan jam 20.00. Yaaahhh, tau gini mah mending tidur di penginapan --"

• Day 10
Jam 05.30, kita terbangun karena keramain stasiun. Gw pun mutusin buat beli tiket KA Pasundan dan berangkat jam 13.30. Tadinya gw mau beli yang Kahuripan yg berangkat jam 20.00. Dan siangnya gw pengen ke Borobudu, Prambanan sama Parang Tritis. Tapi, karena liat kondisi si Hasbi yang udah hampir susah buka mata hehe dan gw pun males bawa tas yang beratnya minta ampun, akhirnya gw pun beli tiket KA Pasundan.

Pagi itu, kita nyari sarapan di depan stasiun, gw beli Nasi Goreng, harganya Rp. 7.000. Di Jogja ini, gw bener2 nyaman. Yang bikin gw salut, warganya ramah2 banget. Setelah selesai makan kita kembali ke stasiun. Karena hari itu kurang tidur dan capek banget. Kita pun kembali tidur di stasiun, kita tidur di pojokan stasiun, biar ga terlalu banyak orang yg lewat hehehe Pokonya hari itu udah ga punya rasa malu deh haha.

Jam 11.00 kita mutusin buat masuk ke area stasiun, dan nunggu di area tungu stasiun. Disitu kita tidur lagi hehee. Jam 12.30, badan udah terasa agak fit. Untuk melengkapi rasa segar, gw pun mandi di Toilet Stasiun. Di inget2 gw belum mandi dari kemaren heheee.

Akhirnya jam 13.00 kereta mulai datang dan ngetem di stasiun. Dan jam 13.30, kereta mulai berangkat. Kali ini gw bakal turun di stasiun Cibatu, Garut. Perjalanannya memakan waktu selama 7 jam.

Singkat cerita, jam 21.00 gw sampai di Cibatu, Garut. Niatnya mau tidur lagi di stasiun, tapi karena ada temen di Cibatu, akhirnya kita coba nelpon dia. Namanya Arya. Setelah di telepon ternyata dia malah nawarin tidur di rumahnya. Beeuuhhh pengertian banget dah hahaha. Kita pun dijemput sama si Arya. Kirain gw mau langsung ke rumahnya. Ehhh malah ke rumah temennya, dia ngajakin maen PS dulu. Yaaahhh, gw jabanin dah! Haha. Si Arya emang lagi di rumah temennya pas gw telpon.

Jam 01.00, gw sempet ketiduran di rumah temennya si Arya. Dan pada akhirnya si Arya ngajak pulang juga. Sampe di rumah Arya, kita makan dulu. Sampe lupa juga kalo gw terakhir makan tadi ai. Di kereta gw cuma makan roti sama goreng2an. Setelah makan, akhirnya gw pun bisa merasakan tidur nyenyak di kasur yang empuk. Makasih yaa buat mas bro Arya buat makan dan tumpangannya.

• Day 11
Trreeengggg....Treeeeennng...Treeeennnggg. Beberapa kali alarm berbunyi dan gw abaikan. Hari itu tidur bener2 nyenyak. Sampe ga sadar kalo gw terbangun jam 10.00. Karena udah agak siang, gw pun bergegas buat pulang ke rumah. Dan jam 10.30. Gw beranjak dari rumah Arya untuk menuju je rumah. Di Terminal Cibatu gw pisah sama Hasby. Dia naik Ojeg, karena kalo naik angkot, malah muter dulu. Mungkin perjalanannya sekitar 30 menit lagi. Sedangkan gw? Masih ada 2 jam. Soalnya, dari Cibatu ke rumah gw, ujung ke ujung! Dan harus 2 kali naik angkot. Sinkat cerita, akhirnya jam 12.30, gw sampai di rumah. Alhamdulillah!!!! Perjalanan 11 hari yang melelahkan dan menyenagkan berakhir juga.. Thankss buat semua yg udah ngebantu gw sama Hasby, terutama Kang Dian sama Arya.

Next time, pokoknya harus bisa Backpacking ke Luar Negeri :) Amiinnn!!!!! The End.