My Short Stories

Tuesday, January 22, 2013

Banjir Jakarta 2013

Sepertinya tahun 2013 ini banjir di Ibu Kota semakin menjadi-jadi, sampai perumahan-perumahan pu ikut terkena banjir, bahkan hampir semua kawasan Jakarta terkena banjir. Mulai dari pesisir kota sampai pusat kota nya. Jujur, aku sangta prihatin dengan Ibu Kota Negaraku ini. Seharusnya Jakarta itu Indah, Bersih, Sejuk, Semuanya tertata rapi. Karena memang kenyataannya seperti itu, malam hari yang begitu indah yang di hiasi lampu-lampu dan gedung-gedung pencakar langit yang begitu gemerlap ketika malam
hari. Tapi sayangnya kenyataan itu harus hilang di karenakan ulah rakyatnya sendiri. Contohnya, buang sampah di sembarang tempat, lebih parahnya lagi jika buang sampah ke dalam sungai. Yang menyebabkan polusi di Jakarta dan yang menyebabkan juga Jakarta hampir tenggelam.

Aku ingin sekali Jakarta tuh Indah, Nyaman dan terutama bebas dari kata BANJIR. Yaaa mungkin untuk mengatasi banjir di Jakarta harus extra kerja keras. Tapi mungkin ini akan menjadi "Sangat Mudah" Jika di barengi dengan "Kesadaran" manusia nya. Karena tanpa Kesadaran rakyatnya, pemimpin sehebat Bpk. Joko Widodo pun akan sulit untuk menghadapinya. Karena memang sepertinya Banjir sudah menjadi Sahabat Kota Jakarta. Setiap musim hujan tiba, dia selalu menghampiri Ibu Kota. Ini sangatlah memprihatinkan.

Jadi, ayolaahh!! Terutama untuk warga Jakarta, tumbuhkanlah sifat "kesadaran" pada diri kalian, aku yakin jika tahun ini kalian sadar untuk tidak membuang ssampah sembaranganlagi. Maka Tahun 2014 Jakarta akan memutuskan persahabatannya dengan Banjir. Kesadaranlah kunci utama mengatasi banbjir di Jakarta.

Untuk Jakarta yang lebih baik lagi, aku punya saran untuk, sebenarnya ini bukan memerintah atau so'soan. Tapi ini hanya sebuah masukan saja, masukan dari seorang anak kecil yang masih duduk di Sekolah Menengah ini. Tapi, siapa tahu saranku ini ada manfaatnya. Amin..

Bagaimana Jika Di Buat Peraturan Tentang Orang Yang Buang Sampah Sembarangan ?

Contohnya di Singapura, dia mendenda orang yang membuang sampah sembarangan, bahkan hanya membuang Puntung Rokok dan Dan Permen Karet pun akan di denda. "Itu meniru dong ?" Ya memnag itu sedikit meniru, tapi jika kita tidak mau di bilang menjiplak, kita bisa saja minta izin dulu ke pihak Singapura, dan berikan alasan yang jelas kenapa kita ingin membuat peraturan yang seperti itu. Hasilnya kan sudah terbukti, Singapura menjadi Negara yang paling bersih se DUNIA. "Kalu di denda, orang kaya pasti tidak akan takut?" Kita buat Jumlah denda nya berbeda-beda, mulai dari jumlah penghasilannya dan jenis sampah yang di buang nya. Kalau untuk siswa, peraturannya, dia di beri sanksi dari pihak sekolah, dan jika 3x dia melanggar, dia harus di keluarkan dari sekolah. Kalau untuk orang yang bergelimangan harta, sampah kecil minimal dendanya Rp. 5.000.000. "Bagaimana pemerintah mengetahui orang yang buang sampah sembarangan ?" Caranya, jika kita menemukan orang yang seperti itu, Foto atau Video saja dia, lalu laporkan ke Polisi/Lurah, dan perlihatkan Foto atau Video nya sebagai barang buktinya. Dan pelapor itu di beri imbalannya. Nah, imbalannya itu di ambil 30% dari uang denda yang di bayarkan tersangka. "kenapa di beri imbalannya berupa uang ?" Karena jarang sekali orang yang mau berbuat dengan ikhlas. Jadi, jika tidak di beri imbalan, mana mau orang akan melapor.

Mungkin hanya segitu saja saran nya. Salah kata dan kalau ada sifat Menyinggungnya, Sangat Amat Mohon untuk di "Mafaatkan". Semoga postingan ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

0 komentar:

Post a Comment

Please Coment ^_^

© Story Of My Life, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena