My Short Stories

Saturday, November 17, 2012

Pantai Santolo - Pameumpeuk, Garut

Bacpacker ke Pantai Santolo. Entah darimana ide ini muncul. Tiba-tiba temen gw yang bernama Rizky ngajak temen se-kelas untuk touring ke Pantai Santolo 2, soalnya tgl 15-16 November sekolah libur 2 hari. Tadinya yang mau ikut sekitar 18 orang, tapi besoknya yang ikut cuma 10 orang, gapapa lah, namanya juga cara mendadak.

Setelah di sekolah ngajak-ngajak temen buat ikut ke Santolo. Maleemnya kita calling'an buat nentuin tempat dan jam berapa kumpulnya. Akhirnya tempat kumpulnya fic di rumah Rizky dan jam 7 pagi kita udah berangkat. Tapi apa daya, namanya orang Indonesia selalu identik dengan kata ''terlambat''. Kita pun berangkat jam 07.30. Kita berangkat 5 motor, satu motor 2 makhluk hidup. Perjalanan ke Santolo memakan waktu kurang lebih 3 sampai 4 jam, tergantung kecepatannya. Tapi kalo kita 3 jam juga udah nyampe pantai. Wajarlaaah, kelas gw kan pembalap semua haha.

On The Way, Kawasan Kebun teh Cikajang

On The Way, Kawasan Cikajang

10.30 kita nyampe di Pantai Santolo. Karena kita nyari yang hemat-hemat. Masuk ke Pantai Santolo kita ga bayar, soalnya kita muter jalan ke samping pintu gerbang Santolo, lewatin sawah dan jalanan yang sangat becek, sampe-sampe motor gw sama Rizky kepeleset dan jatoh, lumayan kotor sedikit, namanya juga pengorbanan untuk Gratisaaaann :D Hidup Backpackeeerrrr!!!!!! Kalo ga salah tiket buat masuk ke Santolo Rp. 10.000 per Motor.

Sebenernya tujuan utama gw ke Pantai Santolo tuh ada dua. Satu, Berburu Sunset. Dua, Api Unggun.
Sampe di pesisir pantai kita mutusin buat Berenang dan Main Bola di pantai. Kita pun beli Bola Plastik yang harganya Rp. 7.000. Mulai dari jam 10.30 sampe jam 12.30 kita renang. Warna badan pun berubah jadi gelap. Disini kita narsis-narsis dulu, soalnya suasananya mantep banget. Ga kalah deh sama Pantai Kuta.

Selesai berenang gw n kawan-kawan pergi ke rumah sodara nya Firman, rumahnya sekitar 15 menit perjalanan. Tapi rizky sama Ryan mah ga ikut, dia pergi ke rumah sodaranya yang deket banget sama pantai. Kita janjian lagi untuk bertemu di tempat yang tadi jam 15.00. Nyampe di rumah firman, kita istrirahat sejenak, berbaring untuk memanjakan badan. Di karenakan perut gw laper. Gw, Ncuz, Suhe dan Sansan pergi keluar untuk nyari makanan. Padahal gw pengen banget beli Mie Ayam atau Nasi Goreng. Karena ga ketemu-ketemu kepaksa deh makan yang ada, yaitu Bakso yg Harganya Rp. 5.000.

Selesai makan bakso. Gw balik lagi ke rumah sodaranya Firman, kita mandi dulu. Setelah selessai mandi kita nobrol-ngobrol dulu sembari dengerin lagu dan sembari nunggu jam 15.00. Setelah jam 15.00 kita siap-siap dan pergi lagi ke rumah sodara Rizky dan pergi ke pantai lagi untuk berenang dan berburu Sunset.

Kali ini untuk masuk ke pantai kita ga muter jalan lagi untuk nyari gratisan. Tapi, Sekarang caranya berbeda dan lebih mudah, mungkin ini juga bisa kalian pake untuk masuk secara Gratissss. Cara yang sekarang yaitu, untuk melewati gerbang, kita jangan pakai Helm motor dan jangan pakai Tas, coz petugas nagih tiket cuma ke touris doang, Jadi kita seolah-olah warga situ asli, bukan touris. Alhasil, kita pun ga di tagih tiket. Gratisss lagi deh.

Setelah sampai di tempat tadi, gw pun kembali berenang dan bermain bola (part II). Awalnya gw ragu buat melihat Sunset, cz langit nya mendung banget sekitar jam 15.45. Tapi kita yakin langit akan terang kembali. Masalahnya Melihat sunset tujuan utama gw, kalo saja terus mendung, gw pasti kecew banget.

Sambil nunggu Sunset, Gua, Landy, Suhe dan Ryan langsung nyebur ke pantai untuk bermain bersama ombak yang cukup tinggi, boleh dikatakan pasang. Aktivitas kita kali ini berbeda-beda, ada yang nulis nama-nama di pasir, ada yang sibuk foto-foto, ada juga yang ngelamun. Tadinya kita mau main Banana Boot, tapi di karenakan harga yang kurang bersahabat. yaitu Rp. 200.000, kepaksa deh kita kurung dalam-dalam keinginan untuk main Banana Boot.

Satu jam sebelum Sunset, matahari udah kembali terlihat terang, Alhamdulillah. Hati gw pun kembali terang dong, coz kan Melihat Sunset tuh Tujuan utama gw. Gw masih sibuk main ombak n foto-foto juga dong. Inget, Foto itu abadi. Satu detik momen terindah aja bisa di inget sampe ratusan tahun ^^. Jadi, kamera itu nomer satu kalo kita mau tour kemana-mana.

17.45, matahari kembali tertutp awan gelap, tapi untung nya cuma beberapa menit saja tertutupnya. Puncak Sunset pun tiba, 17.50. Matahari terlihat sangat besar dan berwarna Oren. Tuhan, Begitu indah kekuasaanMu. Foto-Foto pun di mulai lagi, suasana seperti ini tuh wajib banget untuk di foto.

Setelah matahari sepenuhnya terbenam, kita beres-beres dan mandi dulu. Kali ini kita mandi di Wc Umum, dan membayar Rp. 2.000 saja, dan shampoo nya Rp.1.000, agak mahal sih shampoo nya. Tapi, wajaarrlaaahh, namanya juga tempat wisata, segala bentuk barang pasti pada naik harganya. Selesai mandi, kita pergi nyari makanan lagi, gw dan kawan-kawan beli mie ayam bakso. Tempatnya agak jauh dari pantai, sekitar 10 menit. Harganya pun relitif murah, cuma Rp. 8.000 per porsi, enak banget deh, pokonya ga nyesel beli disini.

Selesai makan kita pergi ke rumah Rizky untuk istirahat sebelum acar api unggun nanti malam. Tapi jam 20.30 temen-temen gw malah pada tidur. Akhirnya yang ikuta api unggun cuma gw, landy, ncuz, suhe dan wldan. Acaranya pun Sangat seru meskipun kita cuma ber lima. Kita berada di pesisir pantai sambil menikmati suasana malam di pantai Santolo, kita juga bernyanyi sambil bermain gitar. Disini kita bisa bernyanyi sekeras mungkin, karena ga bakal ada yang ngomelin. Ini kan Pantai. Puncak Pesta Pantai Pun di mulai dengan di iringi api unggun dan suara Gitar. Bagaikan Surga Dunia keika kumpul dan bermain bersama Sahabat di pesisir pantai..

Niatnya sih kita mau tidur di pantai, tentunya tidur bebas di atas pasir. Tapi sayangnya temen gw yang bernama Wildan malah ngajak tidur di rumah sodarnya Ryzki, cz dia lagi flu dan ga enak badan.  Yaudah deh jam 23.30 kita balik lagi ke rumah nya Ryzki, untung pintunya masih belum di kunci. Jadi, kita bisa tidur di dalem. Di rumah, gw malah ga bisa tidur coz mati lampu, gerah banget lagi. Gw tidur di ruang tamu, cz kamarnya udah penuh. Gw pun tertidur jam 24.00. Eh, mah, malah kebangun lagi jam 1 pagi. Pas kebangun lampu pada mati semua, lilin pun udah abis. Nafas udah agak nyesek, buru-buru deh gw buka pintu buat nyari udara. Setelah pintu kebuka, gw pun bisa tidur nyenyak lagi.

Hari kedua, jam 07.00 kita terbangun. Prepare buat pulang ke rumah. Kita sarapan dulu sembari nonton spongebob :D Jam 07.30 kita berangkat untuk pulang ke rumah. Lets Goooooo!!!! Gw dan wildan ga bareng sama temen yang laen, coz gw ke rumah sodara gw dulu di daerah Bungbulang. Jam 10.00 gw sampe di bungbulang, gw istirahat sejenak dan ngelanjutin perjalan sekitar jam 12.30, dari bungbulang. Dan akhirnya gua pun nyampe rumah jam 15.00 dengan selamat.