My Short Stories

Wednesday, May 29, 2013

Cara Mengembalikan Warna Jeans yang Pudar

Halo sobat, sudah lama nih enggak posting. Sepertinya akhir-akhir ini sering sibu, Namuunn entah sibuk apa :p Di artikel ini saya akan bercerita tentang cara mengembalikkan warna hitam pada jeans saya yang sudah pudar. "Emang bisa??". Bisa dong, kemaren kan saya sudah mencoba. Dan hasilnya lumayan, warna jeans saya bisa kembali ke warna seperti baru lagi hihihihi. Tanpa panjang lebar, langsung saya ceritain deh.


Wantex atau Wenter

Kalian tau yang namanya wenter kan? Semacam pewarna pada pakaian, harganya murah lho! sebungkus cuma Rp 2000,00 aja. Saya membeli 2 bungkus, karena saya akan menghitamkan 2 jeans saya. Jadi, satu jeans, satu bungkus wenter. Oiiyaa, wenter juga bisa di bilang wantek. Kalian bisa beli di toko-toko di pinggir jalan. Beli Wenternya yang warna hitam yaa.

Cara me-wenter pakaian kamu:
  • Cuci bersih pakaian yang mau diwenter, karena saya mau wenterin 2 jenas saya, saya cuci dulu deh celana itu sampai bersih mengkilat
  • Siapkan wajan yang besar yang kitra-kira muat untuk dicelupin celana jeans. Saran saya, cari yang besar banget, biar aduknya leluasa.
  • Kasih air deh, kira-kira aja. Kalo di bungkusnya sih harus 1.5 Liter.
  • Biarkan sampai mendidih, terus masukin wenter satu bungkus, terus dicampur dua sendok makan garam dapur juga sambil diaduk-aduk.
  • Masukin celana jeans nya.
  • Api nya jangan terlalu besar. Kecilin saja.
  • Jangan lupa di bolak-balik. Biar warnanya merata.
  • Tunggu sampai 30 menit.
  • Kalo udah 30 menit angkat, lalu taruh di ember.
  • Biarkan uap nya hilang dulu. Sampai terasa dingin.
  • Bilas pake air bersih. Gausah pake sabun ya, bilas aja pake air bersih sampai airnya warna putih.
  • Celananya di peras.
  • Jemur di tempat yang teduh. Kenapa??? Karena kalu di bawah matahari, nanti warnanya luntur lagi.
  • Selesa ^^
    Gampang kann ???? Yasudah coba saja, hasinya cukup memuaskan ko'. Seperti baru lagi.

    Selamat Mencoba.. Good Luck!!


11 komentar:

  1. kalo buat kaos yang ada gambarnya bisa pake wantex juga?

    ReplyDelete
  2. Kalo baju kurang tau, tapi kayanya ga bisa, takutnya gambarnya ikut luntur juga gan

    ReplyDelete
  3. gan kalau tas jeans gimana ? ada bahan kulit juga eh di tas ane :)

    ReplyDelete
  4. celananya luntur gak kolo dicuci lg?

    ReplyDelete
  5. Kalo tas krang tau gan, soalnya belum pernah nyobaa..

    #Eliz Engga ko, asal tunggu aja sampai kering dulu

    ReplyDelete
  6. Tapi gak tahan lama gan, ntar luntur lagi. pengalaman pribadi sih..
    Tapi kali aja agan ada triknya nih biar awet? kebetulan mau ngewantex jeans nih..
    Sebenarnya kalo pengen awet sih, gak usah dicuci-cuci..hahaha..thank's..

    ReplyDelete
  7. thanks agan
    celana ane udah luntur

    ReplyDelete

Please Coment ^_^

© Story Of My Life, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena